Saturday, August 13, 2011

Pola Hidup Sehat Remaja

Tiga minggu yang lalu, ada tugas kelompok untuk membuat makalah. Kelompokku mendapat tema kesehatan. kami putuskan untuk membahas pola hidup sehat dikalangan remaja. Makalah kali ini disusun oleh Rima Sari Arisnawati , Zaky Apriliani , Ekwan Prasetyo Azlin, Hari Akbar Maulana dan Dwi Selfi Febrianti. Agar tugas ini bermanfaat, aku post ke sini aja.  

Pendahuluan
1.    Latar belakang
Pola hidup sehat adalah hal penting yang seharusnya dilaksanakan oleh setiap individu, namun karena perkembangan zaman yang membuat setiap individu berkompetisi untuk bertahan hidup atau berkerja keras, sehingga membuat manusia kurang memperhatikan hal ini. Seiring berkembang pesatnya teknologi dan industri membuat manusia semakin mudah mendapatkan sesuatu secara instan, bukan hanya saja alat electronik yang sekarang serba cepat dan canggih, tapi makanan pun sekarang dapat disajikan secara cepat. Memang, jika ditinjau dari kesibukan manusia yang membutuhkan waktu lebih efesien untuk melakukan semua kegiatannya, hal-hal tersebut sangatlah membantu. Tapi manusia sekarang kebanyakan tidak memperhatikan kesehatannya sendiri sehingga mereka tidak memperhatikan baik-buruknya makanan yang mereka konsumsi sehari-hari.
Lebih buruknya , dewasa ini  bukan hanya orang-orang dewasa saja yang mengalami pola hidup tidak sehat, bahkan remaja pun mengalami pola hidup yang tidak sehat. Kesehatan bukan lagi menjadi hal penting bagi para remaja yang menjadikan barang-barang electronik  seperti iphone,ipad handphone,laptop, dan lain-lain, sebagai  kebutuhan pokoknya. Sebagian waktu mereka menjadi tersita untuk barang-barang elektronik itu saja, sehingga membuat mereka lupa untuk makan, parahnya jika mereka ingatpun mereka lebih memilih makanan cepat saji.yang mungkin enak tapi tidak sehat.
 Oleh karena itu kelompok kami mengangkat masalah ini. Karena menurut kami pola hidup sehat remaja dewasa ini sangat memprihatinkan ditengah-tengah maraknya era globalisasi. Dimana remaja seakan-akan dikuasai oleh mode yang tidak memandang usia.

2.    Perumusan Masalah :
1.      Apa yang dimaksud pola hidup sehat?
2.      Apa manfaat pola hidup sehat?
3.      Apa kegiatan yang berpengaruh buruk terhadap kesehatan ?
4.      Apa dampak buruk pola hidup tidak sehat khususnya di kalangan remaja?
5.      Bagaimana cara menerapkan pola hidup sehat untuk remaja?



3.    Tujuan
1.      Memberikan informasi tentang arti pola hidup sehat.
2.      Memberikan informasi tentang manfaat pola hidup sehat.
3.      Memberikan informasi tentang dampak dari pola hidup yang tidak sehat dan kegiatan yang berdampak buruk terhadap kesehatan remaja.
4.      Mengajak para remaja untuk menerapkan pola hidup sehat  yang murah , sederhana dan efisien, sehingga para remaja dapat tumbuh sehat  dan cerdas sehingga mampu berkompetisi di era globalisasi . 

Pembahasan

1.     Pengertian Pola Hidup Sehat
Pola hidup sehat adalah suatu gaya hidup dengan memperhatikan faktor-faktor tertentu yang mempengaruhi kesehatan, antara lain makanan dan olahraga. Pola hidup atau cara hidup yang sehat adalah menjaga keseimbangan dan keharmonisan hidup dalam segala aspek kehidupan. Selain dengan mengonsumsi makanan sehat yang tepat dan olahraga yang teratur, pola hidup ini juga harus didukung dengan bersikap dan berpikir positif dalam kehidupan sehari-hari.
Makanan sehat yang kita butuhkan adalah makanan yang memenuhi standar gizi. Selain makanan, olahraga juga menentukan tingkat kesehatan kita karena orang yang gemar berolahraga akan memiliki daya  tubuh yang lebih baik, sehingga jarang terkena serangan penyakit. Beberapa manfaat dari berolahraga yaitu dapat mempelancar aliran darah ke otak sehingga meningkatkan daya pikir, metabolisme dan regenerasi sel-sel tubuh kita akan terjadi lebih cepat sehingga kita jadi awet muda. Selain itu, olahraga yang teratur dengan cara yang tepat akan menjaga postur tubuh kita tetap langsing dan terhindar dari tumpukan lemak sumber penyakit.
Kemudian, bersikap dan berpikir positif dalam kehidupan sehari hari akan mendorong tubuh anda melakukan hal-hal yang positif. Berpikir positif dapat menenangkan hati sehingga anda bisa membuat keputusan yang objektif, termasuk dalam memilih jenis makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. 

2.     Manfaat Pola Hidup Sehat
Pola hidup sehat membantu meningkatkan kualitas hidup. Dengan menerapkan pola hidup sehat, kita dapat terhindar dari berbagai penyakit. Penerapan pola hidup sehat dapat mengurangi resiko jantung, stroke dan penyakit diabetes kemudian meningkatkan stabilitas sendi sehingga meningkatkan dan meningkatkan jangkauan pergerakan dan mempertahankan fleksibilitas sendi. Makanan yang sehat dan olahraga teratur dapat menjaga massa tulang hingga kita memasuki masa tua. Hal ini dapat mencegah osteoporosis dan patah tulang.
Pola hidup yang sehat juga sangat berdampak terhadap kesehatan  jiwa kita. Sehingga berbagai tugas, pekerjaan maupun masalah dapat kita tuntaskan dengan baik karena pola hidup yang kita terapkan, misalnya olahraga rutin dapat meningkatkan mood atau memperbaiki suasana hati sehingga mengurangi gejala kecemasan dan depresi. Kemudian meningkatkan rasa kepercayaan diri. Selain itu juga meningkatkan kemampuan mengingat dan mengurangi stress pada orang lanjut usia.

3.     Kegiatan yang Berpengaruh Buruk terhadap Kesehatan
Fakta menunjukkan bahwa orang zaman dulu memiliki tubuh yang sehat, mereka lebih jarang terkena penyakit dan berusia lebih panjang dibandingkan pada manusia zaman sekarang. Di zaman modern seperti sekarang ini, banyak orang meninggal di usia muda dengan berbagai komplikasi penyakit. Menurut data WHO, tujuh persen kematian dini disebabkan oleh berbagai penyakit seperti jantung, stroke, kanker, dan diabetes. Separuh dari jumlah tersebut terkait dengan pola makan yang buruk.
Pola makan modern merupakan pemicu utama timbulnya penyakit degeneratif. Beberapa pola makan modern yang tidak sesuai dengan pengertian pola hidup sehat antara lain terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat dan lemak serta kurang mengonsumsi serat dan sering memakan makanan cepat saji (fast food) yang banyak mengandung pengawet, penyedap rasa, lemak, dan kalori kosong. Selain itu juga kebiasaan ngemil berlebihan. Selain mengemil, merokok juga dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan para remaja. Karena di dalam rokok terdapat zat-zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. 


4.     Dampak Buruk Pola Hidup Tidak Sehat Khususnya di Kalangan Remaja
Pola hidup tidak sehat tentunya membawa dampak buruk bagi kehidupan remaja. Tidak hanya pola makan yang menjadi penyebab dampak buruk hidup tidak sehat. Ada beberapa faktor-faktor lain, yaitu :
1.      Takut ketinggalan informasi dan khawatir dikucilkan, membuat remaja jadi sakit. Infobesitas, kebanyakan informasi menjadikan remaja stress. Bukan kelebihan lemak di badan, atau nama klub sepakbola Turki, Besiktas, tapi sebuah penyakit jenis baru. Bisa dibilang juga trend baru. Keluhan dari orang yang terkena dampak kelebihan informasi dan takut ketinggalan berita dapat membuat  badan letih, kurang tidur, masalah konsentrasi. Diagnosa dokter menyebutkan bahwa orang ini takut ketinggalan berita dan takut tidak punya teman.
2.      Kecanduan Internet : penyakit ini muncul sejalan dengan perkembangan teknologi internet yang semakin canggih. Remaja mencari sendiri segala informasi yang ditawarkan di internet. Itu terbukti dari tingginya akun di Facebook, Hyves, Twitter  dan jaringan pertemanan lainnya yang jumlahnya berjuta-juta. Remaja banyak menghabiskan waktu di depan monitor internet dan mengirim SMS yang banyak bahkan sampai puluhan sehari. Internet sudah menjadi bagian hidup mereka. Sehingga bisa menghilangkan kosentrasi untuk kegiatan lain dan bisa membuat mata seseorang kelelahan, hingga mengakibatkan kelainan pada mata seseorang.
3.      Stress : ditambah lagi dengan HP yang dilengkapi sarana internet. Sehingga sudah tidak mungkin lagi lepas dari jaringan internet selama 24 jam. Keinginan untuk terus menerus tersambung dengan internet, membuat remaja jadi stress.
4.      Pengawasan : kurangnya pengawasan dari orang tua, membuat pening, sementara orang-orang dewa kecanduan games pada remaja. Ini menimbulkan dampak buruk, yaitu stress info. Si anak menjadi cepat lelah, kurang tidur, dan masalah untuk bisa membagi waktu, serta konsentrasi yang terganggu.

5.     Menerapkan Pola Hidup Sehat
            Hal yang dapat kita lakukan, seperti menyesuaikan kebiasaan dengan kebutuhan kita. Misalnya pada kebiasaan makan. Makan makanan sehat dapat meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup. Melakukan pola hidup sehat tidak harus berarti perubahan drastis. Bahkan, perubahan drastis hampir selalu menyebabkan kegagalan. untuk memiliki pola makan yang sehat.
Sebagai remaja, kita perlu nutrisi lengkap supaya bisa bertumbuh optimal, baik tinggi maupun berat badan, serta mampu melakukan berbagai aktivitas. Untuk memperoleh tubuh yang sehat, tidak harus dengan pola hidup yang serba mahal. Karena semua itu dapat dilakukan tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal. Semua dapat diperoleh dengan mudah dan murah. Hidup sehat harus diawali dengan perubahan yang kecil terlebih dahulu.
Adapun beberapa hal yang harus kita lakukan, ini cukup simpel. Kita hanya perlu melakukan tiga langkah pokok sebagai berikut:
1.      Langkah pertama. Olahraga. Ini adalah hal termudah untuk dilakukan agar tubuh kita tetap sehat. Jenis olahraga yang kita lakukan untuk membantu pembakaran metabolisme didalam tubuh.
2.      Langkah kedua. Melakukan gerakan ringan. Kita dapat mengurangi berat tubuh, tanpa harus melakukan olahraga yang berat. Jika kita belum siap untuk melakukan program yang terjadwal, lakukan gerakan ringan terlebih dahulu. Berikut ini adalah kegiatan untuk melakukan gerakan ringan.
·         Matikan televisi. Bermainlah bersama teman, keluarga. Aktivitas apa saja daripada duduk terdiam sambil menonton televisi.
·         Berjalan-jalan. Cobalah untuk menyempatkan diri untuk berjalan kaki. Tidak peduli berapa lama dan berapa jauh.
·         Lakukan kegiatan rumah. Melakukan kegiatan dirumah seperti membersihkan lantai rumah, merapikan dan menyapu di halaman rumah.
·         Berjalanlah sedikit ketika kita berbicara. Misalkan saat sedang menelpon seseorang atau berbicara dengan orang lain, lakukan sambil berjalan kecil.
·         Buatlah jadwal untuk bergerak ringan daripada menghabiskan waktu duduk berdiam diri.
3.      Langkah ketiga. Makan yang cukup. Makan dengan gizi seimbang dan cukup adalah salah satu penunjang untuk hidup sehat. Adapun makanan yang harus ada dalam daftar menu, sebagai berikut:
·         Makan lebih banyak buah-buahan.
·         Lebih banyak untuk mengkonsumsi sayur-mayur.
·         Makanlah makanan yang rendah lemak. Seperti mengganti yang manis-manis dengan menggunakan gula rendah kalori. Mengganti susu yang rendah lemak. Menyiapkan makanan pengganti. Maksudnya disini, kita jangan terus menerus mengkonsumsi makanan yang sama. Misalkan, ikan diganti daging, nasi diganti gandum dan begitu pula sebaliknya.
·         Minum minimal 8 gelas air setiap hari.
              Selain langkah-langkah diatas, ada juga beberapa penerapan pola hidup sehat lainnya, yaitu :
1.    Makanlah sesuai waktunya. Makan tiga kali sehari dengan cemilan di antaranya adalah cara terbaik untuk mempertahankan berat badan dengan sehat. Kalau kita melewatkan sarapan atau makan malam, kita justru akan lebih kelaparan dan cenderung makan lebih banyak dengan makanan yang tidak sehat.
2.      Biasakan membawa bekal makan siang dari rumah. Selain menghemat uang jajan, membawa makan siang dari rumah akan menghemat waktu kita dengan tidak perlu mengantri di outlet makanan.
3.      Pilih makanan yang dipanggang atau direbus, bukan digoreng. Dibandingkan makanan yang dipanggang atau direbus, makanan yang digoreng mempunyai 50% kalori atau lemak lebih banyak.
4.      Kurangi fast food. Makan sekali-sekali boleh, tetapi jaga porsinya dan hindari fast food berukuran besar. Kalori dalam fast food berukuran besar akan ditumpuk menjadi lemak dan mengakibatkan naiknya berat badan. Kebanyakan fast food juga kaya akan lemak jenuh, gula, garam, dan kurang nutrisi penting vitamin dan mineral.
5.      Mengemil dengan sehat. Salah satu cemilan sehat adalah buah dan sayur. Selain kaya serat, buah dan sayur mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan kita. Supaya tidak bosan, variasikan dengan yogurt buah, jus, atau salad.
6.      Makan dengan nutrisi yang cukup dan seimbang. Selain karbohidrat (nasi, roti, pasta), juga konsumsi protein (daging ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa lemak), lemak (ikan, kacang, salad dressing rendah lemak, alpukat), juga buah dan sayur dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kita.
7.    Hindari soft drink. Minuman ini tidak mengandung vitamin, mineral, protein atau serat. Daripada minum soft drink dengan hanya mendapatkan asupan karbohidrat, lebih baik minum susu dengan kandungan nutrisi yang lebih beragam, terutama nutrisi kalsium yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang.

Penutup
Ø  Kesimpulan
·         Pola hidup sehat adalah suatu gaya hidup dengan memperhatikan faktor-faktor tertentu yang mempengaruhi kesehatan.
·         Manfaat pola hidup sehat adalah dapat terhindar dari berbagai penyakit terutama penyakit di organ dalam dan membuat tubuh menjadi sehat dan bugar.
·         Banyak kegiatan remaja sekarang yang tidak sesuai dengan pola hidup yang sehat seperti mengonsumsi makanan berpengawet dan cepat saji.
·         Selain makanan yang dikonsumsi, teknologi internet juga memengaruhi pola hidup sehat remaja.


Ø  Saran
·           Pola hidup sehat harus diterapkan oleh para remaja mulai dini agar di masa depan mereka tidak divonis menderita penyakit yang sulit disembuhkan
·           Perlunya pengawasan dari orang tua agar para remaja tidak mengonsumsi makanan berpengawet dan cepat saji secara berlebihan.
·           Membatasi penggunaan internet bagi para remaja.
·           Kesadaran dini dari para remaja tentang kesehatan diri mereka sendiri perlu ditumbuhkan oleh orang tua, guru, maupun pemerintah.

Referensi

4 comments:

  1. saya izin ambil artikel ini untuk bahan presentasi ya..

    berguna banget artikelnya :D

    ReplyDelete
  2. iya, silahkan dimanfaatkan sebaik-baiknya :)

    ReplyDelete
  3. trima kasih kawan artikelnya berguna abeeft

    ReplyDelete