Saturday, March 23, 2013

Serat Cukup, Tubuh Sehat



*Dimuat di Enviro Corner, Mading Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Lambung Mangkurat. Oleh Laskar Enviro12*

Untuk jadi Mahasiswa aktif,  kreatif dan dinamis diperlukan semangat tinggi dan niat kuat yang didukung oleh tubuh dan sehat. Seperti ungkapan latin “Mens Sana In Corpore Sano : “Di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat. Salah satu komponen yang diperlukan tubuh adalah serat, yaitu karbohidrat kompleks yang terkandung dalam makanan nabati. Manfaatnya antara lain dapat menurunkan gula darah, kolesterol, dan bahkan dapat mencegah kanker usus besar, dan membantu mencegah terjadinya penyakit wasir. Sayangnya, masih banyak orang yang kurang mencukupi kebutuhan serat harian yang dianjurkan, yaitu 25-40 gram per hari.
Jenis Jenis Makanan Berserat Tinggi :
I  Beras Merah : Setiap cangkir beras merah mengandung 3,5 gram serat. Penelitian di Harvard baru-baru ini menemukan bahwa, makan lebih dari 5 porsi nasi putih dalam seminggu meningkatkan risiko Diabetes tipe 2 sebesar 17 persen. Namun jika kita menambahkan beberapa porsi beras merah per minggu akan dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 sebesar 11 persen.

I  Buah Alpukat : Buah Alpukat merupakan salah satu sumber serat yang tinggi. Setiap 2 sendok makan alpukat mengandung sekitar 2 gram serat dan pada setiap satu buah utuh mengandung sekitar 10 gram serat. Alpukat juga merupakan sumber yang sangat baik dari lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

I  Jagung : Berbagai jenis jagung memiliki kandungan nutrisi antioksidan. Pada sekitar setengah cangkir biji jagung, mengandung 2 gram serat. Popcorn juga merupakan sumber makanan kaya serat dan rendah kalori. Popcorn dapat menyediakan sekitar 3,5 gram asupan serat per tiga cangkir penyajian.

I Gandum : Pada gandum utuh unsur-unsur gizi dan serat masih utuh, sehingga menjadikan gandum dalam makanan sehari-hari adalah pilihan diet yang baik untuk memenuhi asupan serat harian.

I Sayur Brokoli : Selain mencegah kanker, sayuran ini juga mengandung serat beberapa. Sekitar 5.1 gram serat dapat diperoleh dari secangkir brokoli rebus.

I Buah Apel : Kita harus makan apel berikut dengan kulit nya jika ingin mendapatkan seratnya dan beberapa zat kimia bermanfaat lainnya. Sebuah apel ukuran biasa dapat mengandung sekitar 4,4 gram serat.
Demikian beberapa Jenis Jenis Makanan Berserat Tinggi yang EnCo rangkum dari berbagai sumber. Serat tidak hanya baik untuk kesehatan sistem pencernaan tapi juga membantu diet penurunan berat badan dan menjaga tubuh tetap sehat. Pastikan kebutuhan serat tercukupi, Sayur dan buah sudah pasti merupakan sumber serat yang utama. Tapi kamu bisa menambahkan asupan serat dari makanan selain sayur dan buah segar. Semoga bermanfaat!
Dari berbagai sumber w


Tuesday, March 12, 2013

Laskar Enviro On Action



Aksi Laskar Enviro #1
Hai!Kenalin dong, ini dia teman-temanku di bangku kuliah : Laskar Enviro. Laskar Enviro adalah sebuah username twitter khusus angkatan 2012 jurusan Teknik Lingkungan Universitas Lambung Mangkurat. Sepertinya nama ini menjadi nama angkatan kami juga. Lebih jelas baca : Sebuah Nama.

Membahas tentang LINGKUNGAN, tentu saja Laskar Enviro tidak mau ketinggalan beraksi dalam mencintai dan melestarikan lingkungan. Pada kesempatan yang lalu, (Jumat,8/3/2013) sehubungan dengan mandat Bapak PD 3 FT UNLAM untuk membersihkan lingkungan kampus, datanglah kami pagi-pagi ke kampus. Bisa dilihat, waktu itu di lapangan parkir baru ada anak-anak Laskar Enviro aja yang kerajinan datang ke kampus. Sambil menanti mulainya kegiatan, sudah kebiasaan kami buat kumpul di depan prodi untuk berinteraksi berbagi tawa dan cerita.

Jam di tangan sudah menunjukkan pukul 08.15, sudah telat 1 jam dari jadwal dan akhirnya bapak PD 3 tiba *yey . Kami yang sudah ngumpul dari tadi, mulai menyiapkan mental dan semangat untuk ikut berpartisipasi membersihkan lingkungan. Eeeeh, tapi kok bapaknya berlalu begitu saja tanpa memberi aba-aba untuk memulai . Oke lah, mungkin belum mulai, santai lagi. . . . Tak lama berselang, jauh di seberang kami, api sudah berkobar melahap potongan ranting dan batang pohon yang tumbang beberapa hari lalu akibat hujan deras. Waah, kayaknya kegiatan bersih-bersih sudah tanpa kami.

Naah, di sini kami mulai galau, dan bertanya-tanya “Udah mulaikah?, Terus kita ngapain dong?, atau “Kok kita nggak diajak siiih? “ Beberapa dari kami sih nggak peduli, nggak ambil pusing apa lagi di susul kabar kalau kuliah hari ini dibatalakan karena dosen yang bersangkutan berhalangan hadir. Beberapa ada yang bertahan dan beberapa ada yang pulang diam-diam karena tadi nggak sempat sarapan. Beberapa yang bertahan masih gemas kali ya, merasa nggak mau sia-sia karena udah datang pagi-pagi, akhirnya ada aja yang rajin dan menggagas untuk beresi tumpukan bata press di depan kantor Prodi Lingkungan.

Alhasil, di kala mahasiswa prodi lain membersihkan lingkungan kampus yang lain, kami sibuk memberesin sekitar kantor prodi kami sendiri. Niiiiih, sekilas moment yang sempat diabadikan oleh rekan kami Wahyundi Sahputra.

 Ayo, disapu, disusun yang rapi ya

Ini, Bani yang paling semangat kali ini.

Eeeh, ada Tika, sadar kamera.



 S.E.M.A.N.G.A.T Ravie! 


 Uuups, bingung nih, bunganya ditanam dimana ya?

 "Buanglah sampah pada tempatnya" kata Fandy


Yooks, ditata potnya biar cantik, rapi nan keren. *yey Photobucket

Photobucket

Friday, March 1, 2013

Home sweet home

Siapa sih yg tidak mau memiliki rumah impian? Rumah adalah tempat dimana kita tdk perlu berpura2, tempat di mana kita bs bebas jd diri sendiri. Tak perlu mewah, cukup bersih, rapi dan aman agar nyaman. Rumah juga menjadi tempat berlindung dan bersembunyi dari hiruk pikuk dunia.

Alangkah tentram dan bahagianya jika sudah berada di rumah. Yah, walau kadang anggota keluarga lain rasanya kayak monster gurita yg doyan mengusik, mereka tetap yang terbaik yg dimiliki. Di mana lagi tempat yg selalu menerima kita apa adanya sejak lahir di dunia ini. Mereka tak perlu alasan untuk selalu mencintai kita. Karena mereka adalah keluarga dan kita adalah potongan bagian dari mereka.

Kembali lagi ke topik soal rumah impian. Suatu hari nanti aku harus bisa membangun rumah dengan konsep go green :D , ada biopori, intalasi ipal, air minum dengan baku kesehatan terjamin, irit energi, punya halaman dengan tanaman yang cantik dan pohon buah-buahan. Itu baru sekilas yang terlintas. Perlu kerja keras untuk itu. Bagaimana denganmu?? Seperti apa rumah idamanmu?

I was

Bosan bikin capek. Adakh pedang yg bisa membunuh rasa ini?